Perda NTB No. 7 Segera Berlaku, Polda NTB Bersama Forkopimda Pastikan Masyarakat NTB Patuhi Protokol Kesehatan Dengan Membagikan Masker



Segranakpost.com, Mataram -- Jelang Pemberlakukan Perda NTB No. 7 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit Menular tanggal 14 September 2020 nanti, Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H. bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB, Kamis (10/9), terjun langsung memimpin pembagian masker kepada masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pembagian masker gratis yang dilakukan serentak di seluruh kabupaten/kota se-NTB itu, dimaksudkan sebagai upaya penertiban dan atau pendisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan, sesuai Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 6 Tahun 2020.

Dalam perda tersebut dijelaskan bahwa mulai 14 September 2020 mendatang, pelanggar masyarakat umum yang tidak menggunakan masker diluar rumah akan dikenakan denda sebesar Rp. 100.000, sedangkan ASN yang tidak memakai masker dikenakan denda Rp. 200.000, dan untuk Badan usaha yang tidak menerapkan Protokol Kesehatan akan didenda sebesar 400 ribu Rupiah.

Wakil Gubernur NTB Dr. H. Sitti Rohmi Djalilah menerangkan bahwa Kegiatan hari ini sebagai penguatan agar masyarakat tidak pernah lalai dengan protokol covid.

“Apalagi kita tau penggunaan masker ini sudah ada perda yang mulai 14 september sudah tidak ada toleransi lagi, akan dikenakan denda 100rb bagi masyarakat yg tidak menggunakan masker
apalagi skrng juga kita ada momen pilkada. Ini sebagai semangat bagi Forkopimda Provinsi NTB, ada ketua KPU, ada Bawaslu kita bersama2 menegakkan protokol covid” Ujar Wagub.


Dalam kesempatan yang sama Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal S.IK juga menerangkan bahwa dari Kapolda NTB beserta jajaran tidak akan segan melakukan penegakan hukum ataupun pidana terhadap pelanggar protokol kesehatan, hal tersebut dilakukan demi keamanan bersama.

“Alhamdulillah, dibawah komando ibu Wagub, Forkopimda hadir disini, saya, pak Danrem, pak Kabinda, ketua KPU, ketua Bawaslu, dan seluruh tokoh pimpinan DPR, elit2 sosial bahkan para tuan guru, tokoh agama, tokoh adat dansemua stakeholder lain bergerak hari ini secara serentak masif membagikan lebih dari 775 ribu masker di seluruh Provinsi NTB di 10 kabupaten kota” Kata Kapolda.

“Hari ini kita membagi masker dengan pesan bahwa protokol kesehatan terutama masker harus dipatuhi, Wagub juga sudah menyampaikn bahwa kita akan menjelang 4 hari lagi sanksi denda thd perda pergub prov ntb itu akan ditegakkan, TNI polri akan mengawal dan didepan ada Satpol PP” lanjut Kapolda menegaskan.

Kapola NTB juga menjelaskan terkait pilkada serentak yang saat ini sedang berjalan, bahwa dari 7 kabupaten kota yang ikut dalam kontestasi pilkada ini mayoritas dari mereka melanggar protokol kesehatan karna mengerahkan massa yang berlebihan.

“Insyaallah minggu depan dibawah komando pak Gub dan Ibu Wagub kami akan meminta kita hadir dengan satu tujuan, kita menyelamatkan rakyat NTB, bukan hanya mau menang bukan hanya unjuk gigi, tapi demi keselamatan umat, protokol kesehatan tetap ditegakkan” tegasnya.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani menjelaskan bahwa pada prinsipnya mendukung sepenuhnya program dari pendisiplinan masker ini dalam rangka mengurangi dan menurunkan transmisi lokal kaitan dengan covid 19.

“Kami beserta Polri bergandengan tangan akan mendisiplinkan seluruh masyarakat yang terlibat dalam pilkada nanti.” Ujar Danrem. (SGP/Aini)

Post a Comment

Previous Post Next Post