Ikhtiar Hijaukan NTB, Gubernur Serahkan 100 Ribu Bibit Pohon



Segranankpost.com, Mataram - Menyambut musim penghujan di akhir tahun ini, Gubernur NTB Dr.H Zulkieflimansyah menyerahkan sebanyak 100 ribu bibit pohon kepada Kwartir Cabang Pramuka Se-Nusa Tenggara Barat, Jum'at ( 11/12/2020) di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Kabupaten Lombok Barat dalam rangka mensukseskan program Gerakan Pramuka Menanam. 


Menurut Gubernur, menanam pohon bukan hanya untuk diri kita saat ini, namun juga untuk kehidupan penerus di masa yang akan datang. Apa yang dilakukannya bersama dengan Kwarda Gerakan Pramuka NTB ini lanjut Gubernur merupakan sebuah langkah awal untuk perjalanan panjang mewujudkan NTB Hijau.


Adapun Gerakan Pramuka Menanam di tahun 2021 mendatang dengan target 1 juta pohon, Gubernur merasa optimis program tersebut akan terlaksana. “Saya kira, sejuta pohon ini bukan angan-angan, kalau 100 ribu pohon tiap Kabupaten/Kota, saya kira sanggup mereka, asal bibit pohonnya disediakan,”ujar Bang Zul, sapaan akrabnya.


Menanam pohon, diharapkan dapat menjadi kebiasaan masyarkat NTB, sehingga NTB menjelma menjadi rumah yang menyenangkan dan nyaman. “Di mana kita masih melihat burung-burung berterbangan,  menikmati harmonisasi alam semesta kita,” tambahnya.


Lebih jauh, Bang Zul menjelaskan bahwa bersinergi bersama Pramuka dinilai tepat dalam rangka pemulihan dan keasrian pohon-pohon, terlebih di dalam kawasan hutan NTB. “Kenapa kita berikan kepada Pramuka, karena hanya Pramuka yang sangat militan dan sampai ke dusun hingga desa gerakannya,” puji Gubernur.


Kepada Pramuka, Gubernur mengucapkan selamat, karena memiliki semangat menghadirkan ketahanan pangan dari desa, dan dari masyarakat. 


“Selamat pada Kak Fathul Gani dan teman-teman di Pramuka, mudah-mudahan perjuangan menanam pohon, menghijaukan NTB ini, diberikan imbalan yang setimpal oleh Allah subhanahu wa ta'ala,” tutup Gubernur.


Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTB, Drs. H. Fathul Gani, M.Si menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka Menanam, merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksakan di penghujung tahun.


“Gerakan Pramuka Menanam ada gerakan rutin tiap tahun yang kami laksanakan. Untuk target tahun ini, InsyaAllah minimal 100 ribu bibit pohon,” jelasnya saat memberikan sambutannya. 


Selain pohon, pihaknya juga menanam tanaman rumah tangga seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dengan memanfaatkan pekarangan rumah. SGP/rd

Post a Comment

Previous Post Next Post