Kapolsek Brang Rea Kelola Lahan Kosong Sebagai Wujud Ketahanan Pangan diera Pandemi



Segranakpost.com, Sumbawa Barat - Kreatif dan menginspirasi, Kapolsek BrangRea Kabupaten Sumbawa Barat Iptu Santoso bersama istri memanfaatkan lahan kosong miliknya yang berada di Kecamatan Maluk untuk menghasilkan pundi-pundi uang setiap tahunnya. 


Ia bersama istri dan dua orang karyawannya menanam buah naga di lahan kosong yang tidak digunakan seluas 1 hektare. Kebun buah naga milik Kapolsek BrangRea itu sudah berjalan sejak tahun 2013 hingga sekarang. 


Kapolsek BrangRea Iptu Santoso melalui Paur Subag Humas Polres Sumbawa Barat Eddy Soebandi S.Sos saat ditemui di Taliwang, Sabtu (12/12) mengatakan, sejak tahun 2013 panen buah naga dilakukan 4 kali dalam dalam satu tahun.


"Dalam setahun buah naga dipanen empat kali, satu kali panen dipetik setiap 2 atau 3 Minggu sekali selama 4 sampai 5 bulan," katanya. 


Iptu Santoso selama ini sangat senang dan bersyukur atas apa yang ia capai karena hasil perkebunan buah naga yang ditanamnya sejak 2013 lalu bisa dipanen bahkan hasil penjualannya dapat menambah uang dapur dan menambah biaya sekolah anaknya. 


"Masalah pemasaran buah naga, saya tidak kesulitan karena para tengkulak langsung datang di kebun untuk membelinya," katanya. 


Manfaat bagi keluarga Iptu santoso akan keberadaan kebun buah naga ini sangat terasa. Bahkan Iptu Santoso bisa mempekerjakan dua karyawannya serta membantu warga lainnya dalam berbisnis buah naga. 


Hal yang dilakukan Iptu Santoso juga menginspirasi warga sekitar, banyak warga yang melirik dan ingin mencoba menanam dan berusaha berkebun buah naga seperti Iptu Santoso. Bahkan warga lokal maupun turis luar negeri yang melancong di  sekitar Maluk berminat untuk mendatangi kebun buah naga yang dimilikinya. 


"Alhamdulillah usaha ini berjalan baik dan lancar, semoga ini dapat dicontohi oleh warga lainnya sehingga dapat menambah ekonomi masyarakat," tandasnya. SGP/rd

Post a Comment

Previous Post Next Post