Keren, IKM Binaan Disperindag Lombok Barat Ciptakan Mesin Roasting Kopi Berbasis Android

 


Segranakpost.com - Industri Kecil dan Menengah (IKM) Logam dan Mesin di Kabupaten Lombok Barat di bawah binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lombok Barat berhasil menciptakan mesin roasting (pembakar) kopi berbasis Android. 


Secara resmi mesin roasting ini diluncurkan oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid di kantor Dinas Perindag Lobar, Jum'at (26/3) kemarin.

 

Usai meresmikan, bupati langsung melihat bagaimana cara kerja dari mesin roasting kopi ini. Kepada wartawan bupati mengatakan,  alat Roasting buatan IKM  Lobar ini resmi diluncurkan.


"Mesin roasting kopi buatan IKM kita di Lombok Barat sudah resmi kita launching," kata bupati. 


Mesin roasting yang berhasil diciptakan ini sudah melalui beberapa kali tahapan uji coba, sehingga diresmikan untuk dipasarkan secara luas. 


"Meskipun tak menutup kemungkinan ada kekurangan dalam alat ini nantinya akan disempurnakan. Tinggal Pemda akan mengupayakan pemasaran alat ini," ujarnya. 


"Pangsa pasar alat ini tidak akan sulit, karena dari sisi keistimewaan alat ini luar biasa, karena bisa dipantau dari Android," lanjutnya. 


Selama ini, kata Fauzan, alat roasting kopi  didominasi oleh produk luar daerah. Akan tetapi keistimewaan alat yang dihasilkan IKM Lobar yang tak dimiliki produk luar yakni dioperasikan lewat Android. Sehingga tingkat panasnya bisa terukur.


"Yang istimewanya juga misalkan hari ini Roasting kopi, besoknya dengan panas yang sama bisa diatur. Karena dia terekam, jadi kalau mau roasting lagi, tinggal dicari rekaman itu, sehingga bisa dihasilkan kualitas pembakaran yang sama dengan kopi yang sebelumnya," tegas bupati. 


Dalam kesempatan tersebut Bupati H. Fauzan tampak didamping Keluarga besar Dinas Perindag Lobar yang dinahkodai Drs. H. Sabidin, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Barat H.M. Fajar Taufik, Tim perancang mesin dan tamu udangan lainnya. 

Post a Comment

Previous Post Next Post