Kunjungi NTB, Kapolri Resmikan Fasilitas Penting Polda NTB



Segranakpost.com, Mataram – Kapolri Jenderal Polisi L. Sigit Prabowo bersama rombongan, Jumat (2/4/2021) sekitar pukul 14.30 Wita, tiba di Pulau Seribu Masjid melalui Bandara Internasional Lombok (BIL) Lombok Tengah, guna meresmikan Lapangan Bhara Daksa dan beberapa fasilitas lingkup Polda NTB.


Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol. Artanto, S.I.K., M.Si. mengungkapkan, setibanya di BIL rombongan Kapolri disambut Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB di tangga pesawat.


“Selanjutnya rombongan menuju VVIP Room bandara, dimana Kapolri dan empat Pejabat Utama (PJU) Mabes Polri menuju VIP A, sedangkan rombongan Ketua Pengurus Pusat Bhayangkari menuju VIP B,” tuturnya.


Dikatakan, dengan pengawalan ketat sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), rombongan Kapolri melaju dari bandara menuju Mapolda NTB melalui Jalan ByPass BIL 1 dan 2.


“Rombongan tiba Mapolda sekitar pukul 15.30 Wita, selanjutnya Kapolri menuju Tribun Lumbung untuk prosesi acara peresmian,” kata Kombes Artanto.


Pamen Polri melati tiga itu menjelaskan, acara prosesi peresmian dimulai dengan penandatanganan prasasti Lapangan Bhara Daksa oleh Kapolri. Dimana saat penandatanganan, pemilik nama lengkap Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si. itu didampingi Kapolda dan Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah.


“Prasasti Lapangan Bhara Daksa yang ditandatangani Kapolri, termasuk peresmian Tribun Lumbung merupakan icon NTB sebagai Bumi Gora,” jelasnya.


Diketahui, usai penandatanganan prasasti, acara dilanjutkan penekanan tombol pembukaan tirai (selubung) videotron ukuran jumbo, dilengkapi sound system yang terletak di sisi timur Lapangan Bhara Daksa.


“Sesaat setelah selubung videotron terbuka, tersaji video ucapan selamat datang oleh Kapolda NTB, Danrem 162/Wira Bhakti, Danlanud ZAM serta Danlanal Mataram. Selamat Datang Bapak Kapolri di Bumi Gora Nusa Tenggara Barat,” ucapnya menirukan.


Kombes Artanto menuturkan, di layar videotron kemudian ditampilkan video singkat, proses pembangunan dan atau renovasi Lapangan Bhara Daksa, Gedung Presisi Bid dokkes, Penjagaan Mapolda Elektrik Gate, Loby Mapolda, Masjid Baitussalam, dan pembangunan Kantor Polsek Kuta.


“Lapangan Bhara Daksa saat ini berbeda jauh dengan sebelumnya, karena dilengkapi dengan Cafetaria De’91 yang berada di sisi utara. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan buku berjudul Mempolong Merenten (bahasa khas Lombok Utara yang berarti Kakak Bersaudara, red),” ujarnya.


“Buku Mempolong Merenten ini sebuah buku tentang senergitas, dalam penanganan pasca bencana alam gempabumi di NTB,” imbuh Artanto.


Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut Kapolri memberikan penghargaan kepada elemen masyarakat, yang berpartisipasi dalam pembangunan dan renovasi di antaranya Dirut PT. Varindo Lombok Inti M. Farid Amir, Pimpinan PT. Aria Jaya Raya Bambang Wijaya, Chirsteven Mergonoto dari PT. Santos Jaya Abadi, dan Ida Wahyuni Sahabudin dari PT. Limousine Gold.


Usai peresmian di Lapangan Bhara Daksa, Kapolri memberi arahan kepada para PJU Polda NTB terkait berbagai hal terkini, termasuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), juga gambaran umum penanganan pandemi Covid-19.


“Setelah itu Kapolri menuju rumah jabatan Kapolda untuk ramahtamah, kemudian berangkat menuju BIL untuk melanjutkan kunker ke lombok timur. Red

Post a Comment

Previous Post Next Post