Bupati Lobar Serahkan Sertipikat Program Konsolidasi Tanah BPN Desa Jembatan Kembar

 


Segranakpost.com, Giri Menang 27 Mei   2021 - Bupati Kabupaten  Lombok Barat (Kab.Lobar) H. Fauzan Khalid dan Kepala Kantor Pertanahan Lobar I Made Arya Sanjaya, S.H, MH  menyerahkan secara simbolis  Sertipikat Program Konsolidasi Tanah BPN di Dusun Karang Anyar, Desa Jembatan Kembar,  Kecamatan Lembar, Kab. Lobar, Kamis, (27/5).


Jumlah sertipikat yang dibagi  dalam Program Konsolidasi Tanah BPN  di Desa Lembar kali ini berjumlah 66 sertipikat tanah. 


Program Konsolidasi Tanah BPN  sendiri merupakan suatu program yang berbeda dengan program  sertipikat yang lain seperti prona dan sebagainya. 


Hal ini karena karena Program Konsolidasi merupakan program penataan kembali tanah-tanah masyarakat agar asri dengan melibatkan partisipasi masyarakat dan sesuai  dengan tata ruang di wilayah tersebut.


Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutanya mengajak  masyarakat agar berpikir seperti developer (pengembang) di mana para developer ini selalu menyedekahkan tanahnya untuk  pembuatan jalan tetapi tetap menguntungkan.


“Dengan kerelaan masyarakat membuka tanahnya untuk pembuatan jalan baru maka harga tanah di tempat tersebut otomatis akan ikut naik. Demikian juga sebaliknya walaupun tanah tersebut tidak dijual maka dengan adanya jalan tersebut pengangkutan kebutuhan tanam dan  hasil panen akan berkurang ongkos produksinya,” jelasnya.


Di akhir sambutannya ia berpesan agar semua masyarakat mencegah pernikan dini atau pernikahan di bawah umur. Di mana ketentuan umur pernikahan  laki-laki  23 tahun dan wanita 21 tahun.


Kepala Desa Jembatan Kembar, Amirullah S.Sos di kesempatan itu  mengatakan, jalan yang dibuka saat ini sepanjang 1,7 km yang menghubungkan Tiga Dusun yakni Dusun Karang Anyar, Gunung Gundi dan Gunung Sari. 


Lebih jauh Amirullah mengatakan, pembangunan jalan baru ini terlaksana atas kerjasama semua pihak baik itu masyarakat, Pemerintah Desa  dan  BPN.


“ Ke depan kita akan terus membuka jalan-jalan baru agar perekonomian masyarakat semakin hari semakin meningkat,”pungkasnya. 


Turut hadir di acara tersebut  sejumlah kepala OPD , Camat Lembar, Kapolsek Lembar, serta Danposramil Lembar 

Post a Comment

Previous Post Next Post