Kapolres KSB AKBP Heru, Gelar Apel Pemeriksaan Senpi Dinas Personel Polres

 


Segranakpost.com, Sumbawa Barat -- Dalam rangka pengawasan terkait penggunaan Senpi guna mengantisipasi terjadinya hal-hal kontraproduktif, bertempat di Lapangan Sarja Arya Racana Polres Sumbawa Barat telah berlangsung Apel pemeriksaan Senpi Dinas Personel Polres Sumbawa Barat pada, Sabtu (30/10/2021) pukul 07.00 WITA, 


Adapun rangkaian kegiatan mulai PAWAS memasuki Lapangan Apel, Penghormatan kepada Pimpinan Apel dan arahan Pimpinan Apel yang dipimpin oleh Kapolres Sumbawa Barat. Kegiatan berakhir pada pukul 08.15 WITA, berjalan dengan aman dan lancar.


Dalam kesempatan itu, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, SH.,S.IK.,M.IP menyampaikan, mari kita semua menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Wilayah hukum Polres Sumbawa Barat, jangan sampai situasi Kamtibmas rusak oleh tingkah laku kita semua, dilihat dari laporan PAWAS masih ada Anggota yang TK apabila personel tersebut telah  berulang-ulang kali tidak masuk maka dapat diproses sesuai dengan Administrasi yang ada.


"Diharapkan setiap Personel dapat menjaga nama baik instansi Polri ini, karena dengan citra Polri sampai dengan purnawirawan pun kita tetap dikenal oleh Masyarakat," ungkap Kapolres dalam sambutannya, Sabtu (30/10/2021).


Dalam arahannya, Kapolres juga menyampaikan, Saya selalu mengingatkan kepada setiap Personel agar tidak melakukan perilaku yang menyimpang, yang terpenting jangan sampai mengikuti kenikmatan ke dalam hal yang negati. Karena semua Agama meyakini bahwa setiap insan akan mempertanggungjawabkan kehidupannya kelak.


Terkait dengan pelaksanaan Vaksinasi, katanya, agar dapat disosialisasikan kepada Masyarakat bahwa Sumbawa Barat telah memiliki Stok Vaksin berjumlah 15 Ribu Dosis, 


"Karena pentingnya Vaksin sebagai imun tubuh dalam mencegah penularan dari Covud-19, juga kartu Vaksin dapat digunakan untuk beberapa pengurusan," ucap Kapolres.


Selain itu, kata Kapolres, terkait dengan perkara yang terjadi di Lombok Timur agar Anggota harus berhati-hati dalam menggunakan Senpi, dikhawatirkan apabila ada permasalahan diluar jangan sampai Senpi tersebut menjadi pemicunya.


"Pengecekan Senpi ini dilaksanakan guna melengkapi data di Sarpras yang belum lengkap, agar setiap Personel dapat melengkapi data Psikologi serta selalu menjaga ketenangan selama memegang Senpi, guna mengantisipasi terjadinya insiden," pesan Kapolres.


Lanjutnya, diharapkan Senpi yang rekan-rekan gunakan jangan sampai digunakan secara sembarang, jangan sampai setiap ada masalah selalu ingin menggunakan Senpi justru apabila ada masalah agar Senpi tersebut disimpan di gudang Sarpras sehingga jangan sampai terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 


Sementara, arahan Waka Polres Sumbawa Barat mengatakan, pada saat di Lapangan agar personel selalu memperhatikan penempatan senjata, tujuan kita memegang senjata harus pula mengetahui cara serta waktu penggunaannya.


"Seperti penggunaan Senpi jenis V2 Sabhara, agar pada saat menggandeng Senjata jangan sampai laras Senjata mengarah kepada orang lain guna mengantisipasi terjadinya insiden," cetusnya.


Dicontohkan Wakapolres, Seperti kejadian di Bima adanya Polisi tertembak oleh Pelaku (OTK) dikarenakan Senpi (laras pendek) yang dikenakan ditenteng sembarangan.


"Agar Sarpras dapat memperhatikan surat ijin Anggota yang membawa Senpi agar selalu diperhatikan, guna pengawasan melekat terhadap Personel yang membawa Senpi," pungkas Waka Polres KSB.


Perintah Bapak Kapolres Anggota yang berpangkat 2 klik ke atas yang melakukan  penyalahan wewenang penggunaan senjata akan diminta pertanggungjawabannya oleh Bapak Kapolres. Adapun Jumlah Senpi yang digunakan oleh Personel: SPKT 3 Pucuk, Sat. Samapta 8 Pucuk, Sat. Reskrim 4 Pucuk, Sat. Resnarkoba 1 Pucuk dan Sat. Intelkam 1 Pucuk.


Turut hadiri dalam kegiatan antara lain Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin, S.IK., M.IP, Waka Polres Sumbawa Barat KOMPOL Jamaluddin, S. Sos, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto, S.H, Kabag SDM Polres Sumbawa Barat KOMPOL Ibrahim Ardiansyah, S.H, Kabag Ren Polres Sumbawa Barat AKP Tauhid, S.H, Kabag Logistik Polres Sumbawa Barat AKP Arman Wijaya, Para Perwira dan Anggota Polres Sumbawa Barat yang diikuti sekitar 125 Orang.

Post a Comment

Previous Post Next Post