Demi Menjaga Amanah TNI-Polri Terus Lakukan Patroli Amankan Sirkuit Mandalika



Segranakpost.com, Lombok tengah – Meski diluar jadwal pelaksanaan event IATC atau WSBK juga MotoGP, TNI-Polri terus melakukan patroli sebagai upaya peningkatan keamanan, kenyamanan, ketertiban masyarakat di area Pertamina Mandalika Internasional Circuit, Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).


Kapolres Lombok Tengah AKBP Heri Indra Cahyono SH. SIK. MH, saat memantau anggotanya yang melakukan patroli di Kuta Mandalika, Selasa (16/11/2021) mengatakan, patroli gabungan TNI-Polri yang dilakukan tersebut sesuai dengan arahan Kapolda NTB untuk menjaga kondisi kamtibmas, khususnya di wilayah Loteng. 


Himbauan Protokol kesehatan dan pengaturan lalulintas menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan mengantisipasi kecelakaan di area Sirkuit.


Selain TNI-Polri, patroli itu melibatkan beberapa unsur terkait lainnya seperti Pol PP, Dinas Perhubungan (Dishub) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) dari Lombok Tegah dan pemerintah Provinsi NTB. 


“Tujuan patroli ini ada tiga hal, yaitu show off force untuk menjaga keamanan dan ketertiban, masalah prokes dan kamseltibcarlantas.  Kita tunjukkan kepada masyarakat jika Loteng siap melaksanakan dan mengamankan event internasional ini,” katanya. 


Karena persoalan Kamtibmas menjadi tanggungjawab TNI-Polri, patroli serupa akan terus dilakukan Polres Loteng, meski sedang tidak dilaksanakan event.


“Loteng adalah tuan rumah di event ini. Jadi kami minta masyarakat menjadi tuan rumah yang baik. Mampu menyambut tamu-tamu yang datang dengan ramah dan sopan. Karena kunjungan wisatawan ini berdampak pada pemulihan perekonomian daerah kita,” tambahnya.


Polda NTB dan Polres jajaran khususnya di Lombok Tengah membentuk 3 kelompok patroli gabungan dengan tugas spesifikasi khusus, yakni Patroli gabungan kamseltibcarlantas terdiri dari Polantas, sabhara, Tni dan Dishub yang bertugas mengurai kemacetan lalu lintas di jalur sekitar lokasi sirkuit.


Berikutnya Patroli gabungan gangguan kamtibmas lebih nampak show of force. patroli ini melibatkan anggota dari Brimob, TNI, Sabhara, Tim Puma dan Reskrim, bertugas mencegah dan menanggulangi kejahatan jalanan dengan quick responnya.


Terakhir Patroli gabungan prokes terdiri dari Sabhara, TNI dan Dinkes, bertugas menjamin pelaksanaan prokes bagi penonton dan akan menegur dan membagikan masker bagi yg belum mengenakan masker.


"Semuanya itu dilakukan dengan humanis dan tetap sopan namun tegas," pungkasnya.



Post a Comment

Previous Post Next Post