Wakapolres Dompu Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Rinjani 2021

 


Segranakpost.com, Dompu Apel Gelar pasukan Operasi Zebra Rinjani 2021 telah dilaksanakan Polres Dompu. Kegiatan ini dihadiri oleh Kabag, Kasi dan instansi terkait. selaku pimpinan apel adalah Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos.


Dalam gelar pasukan ini dikuti oleh peleton dari , Sat lantas, Sat Samapta, Gabungan Personil Staf Polres Dompu, Dishub,Kabupaten Dompu.



Apel Operasi Zebra Rinjani tahun ini dengan tema “Kita tingkatkan sinergitas dan profesionalitas Polri dalam rangka cipta kondisi Kamseltibcar lantas menjelang Natal 2021 dan tahun baru 2022, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas guna menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lantas serta memutus mata rantai penyebaran covid 19 di wilkum Polres Dompu Polda NTB”.


Dalam kegitan apel Gelar pasukan Operasi Zebra Rinjani 2021 Wakapolres membacakan amanat Kapolda NTB, yang pada intinya pelaksanaan operasi zebra Rinjani tahun 2021 kali ini, tidak berorientasi pada penegakkan hukum lalu lintas semata, akan tetapi pelaksanaan kegiatan diarahkan pada pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik humanis dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada polri.


Kegiatan Operasi Zebra Rinjani yang sebelumnya akan dilaksanakan pada tanggal 15 November 2021 akan tetapi di tunda dikarenakan Polda Nusa Tenggara Barat sedang melaksanakan Operasi Pengamanan Super Bik Mandalika 2021 yang berakhir pada tanggal 24 November 2021. sedangkan Seluruh jajaran Polda NTB akan mulai Operasi Zebra pada tanggal 25 November 2021 S/d 08 Desember 2021.


Sesuai Amanat Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kita diharapkan untuk Mewujudkan dan memelihara keamanan, Patuh untuk kelancaran serta ketertiban berlalulintas (Kamseltibcar Lantas), Meningkatkan kwalitas patuh dan menurunkan tingkat Fatalitas korban kecelakaan lalulintas, Membangun budaya Tertib berlalulintas dan Meningkatkan kwalitas pelayanan kepada publik. Berdasarkan Program Decade Of For Road Safety (DoA) atau dekade Aksi Patuh jalan yang telah dicanangkan oleh PBB yang bertujuan untuk mengurangi jumlah korban meninggal dunia pada tahun 2021 ini sebesar 50%.


Para penyelengara sistem terpadu yang tertuang dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) melalui 5 Pilar Yaitu :

`1. Manajemen Keselamatan Jalan.

2. Jalan yang Berkeselamatan.

3. Kendaraan yang berkeselamatan.

4. Perilaku pengguna Jalan yang Berkeselamatan.

5. Penanganan korban pasca Kecelakaan.


Program Nawacita Presiden RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa yang dijabarkan dengan 16 Program Prioritas Kapolri yaitu PRESISI (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi berkeadilan) Programke 11 Peningkatan Kwalitas pelayanan publik Polri didalam pelaksanaan tugas Kepolisian diimplementasikan dengan kehadiran anggota Polri ditengah-tengah masyarakat, kewajiban dan tugas Kepolisian daerah NTB untuk memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat dengan mewujudkan Lalulintas dan angkutan jalan yang selamat, Aman, Cepat, Lancar, Tertib dan teratur, Nyaman dan efesien melalui Manajemen lalulintas dan Rekayasa lalulintas yang dilaksanakan secara komprehensip, terpadu dan tepat sasaran. Program tersebut tergambarkan melalui bulan tertib lalulintas secara tematik.


Diakhir amanatnya Wakapolres Dompu Kompol Abdi Mauluddin, S.Sos menekankan selama operasi Panjatkan Doa kepada tuhan yang maha Esa sebelum melaksanakan Tugas, Utamakan Faktor Keamanan dan patuh dengan mempedomani Standar Operasional Prosedur yang ada, Hindari tindakan pungli, dan Laksanakan tugas Operasi Zebra dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat dengan tetap mempedomani Protokol Kesehatan.

Post a Comment

Previous Post Next Post